Staging CMS Boleh Belajar


Peluang Profesi Digital Marketing Buat Kamu Penggemar WFH

Halo, BolehSquad

Semenjak pandemi tahun 2020, bekerja dari rumah menjadi tren cara bekerja baru dikarenakan adanya pembatasan sosial sebelumnya. Bekerja dari rumah menjadi sebuah pilihan karier yang menarik dikarenakan dapat mendampingi keluarga, mengurangi biaya transportasi, dan meningkatkan kualitas hidup karena dapat mengatur jam pekerjaan secara fleksibel. 

Dalam mencari pekerjaan yang dapat dikerjakan dari rumah, digital marketing menjadi salah satu bidang yang menyediakan lapangan bekerja dari rumah. Beragam profesi digital marketing dapat ditemui di loker khusus work from home. Seperti apa profesi tersebut dan bagaimana peluangnya di masa depan? Simak ulasan Minbel berikut:

  1. Content Creator 

Content creator merupakan salah satu karier di bidang digital marketing yang banyak diminati oleh berbagai usia. Membuat konten dan menyisipkan affiliate link yang mendatangkan potensi cuan yang berlimpah menjadi daya tarik orang-orang untuk menjajal karier di bidang ini. Selain itu, content creator dituntut untuk kreatif dan memiliki konten yang memiliki nilai khas sehingga menjadi relatable untuk audiensnya. 

Content creator saat ini ada di Instagram, Twitter, hingga Tiktok dengan konten-konten mereka yang cenderung sesuai usia dengan audiens pengguna aplikasi tersebut. 

  1. Blogger 

Pada awal 2000an, profesi blogger cenderung diasosiasikan dengan orang yang menyukai dunia menulis. Hal ini dikarenakan blog adalah buku harian daring yang dimana banyak orang bisa berkunjung disana. 

Dalam perkembangannya, profesi blogger menjadi lebih luas dan berhak mengikuti kegiatan berkaitan dengan media serta bergabung di asosiasi pers seperti Aliansi Jurnalis Indonesia. Selain itu, banyak perusahaan yang memanfaatkan blog mereka sebagai entri kegiatan perusahaan tersebut sehingga masyarakat bisa membaca kegiatan yang dilakukan perusahaan serta hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan secara ringan dan gampang untuk dibaca.  

  1. SEO Specialist 

SEO (Search Engine Optimization) Specialist merupakan profesi yang berfokus dengan upaya mengoptimasi website perusahaan dengan menggunakan search engine. Dengan menggabungkan digital marketing dan juga information technology, SEO specialist memiliki fokus tugas yang berbeda dengan profesi digital marketing lainnya. 

Tanggung jawab SEO specialist berkutat pada penggunaan keyword dalam konten website perusahaan, optimisasi website perusahaan, hingga pelaporan serta audit yang dilakukan secara berkala. 

  1. Social Media Manager 

Dengan perkembangan yang begitu cepat, social media manager merupakan karier yang selalu ada di setiap lowongan pekerjaan. Bertanggungjawab dalam mengembangkan sosial media milik perorangan maupun perusahaan, social media manager dituntut memiliki kreatifitas serta keahlian dalam menempatkan konten sehingga menghasilkan leads agar key performance indicator (KPI) mereka dapat terpenuhi. 

  1. Performance Marketer 

Performance marketer merupakan profesi digital marketing yang bertanggungjawab terhadap growth perusahaan yang diwakilkan dengan menggunakan leads. Performance marketer menggunakan pendekatan berbasis data menggunakan analytics dan tracking tools

`
Itulah lima jenis profesi dalam digital marketing yang bisa dikerjakan di rumah. Untuk dapat bekerja di lima jenis profesi tersebut, Bolehsquad dapat menambah skill dengan mengakses materi yang ada di website Boleh Belajar. Jangan khawatir, semua materi yang ada di Boleh Belajar merupakan materi yang dibawakan expert di bidangnya yang disajikan secara ringan dan berbobot. Ada juga video learning content yang cocok buat kamu yang sibuk. Yuk join di Boleh Belajar.