Staging CMS Boleh Belajar


Prospek Menjanjikan, Peluang Karir Digital Marketing Ideal Untuk Gen Z!

Sudah bukan rahasia lagi kalau di era sekarang hampir semua sektor pekerjaan selalu berkaitan erat dengan teknologi. Hal itu membuat semua orang, khususnya lulusan baru, harus paham teknologi agar mudah beradaptasi dengan pekerjaan yang ada. 

Salah satu bidang pekerjaan yang juga erat kaitannya dengan teknologi adalah digital marketing. Digital marketing sendiri adalah teknik promosi menggunakan media digital dan internet yang ditujukkan kepada target audiens. 

Di jaman yang serba digital ini, perusahaan dari berbagai bidang mulai memanfaatkan akses internet dan sosial media untuk melakukan promosi. Dengan banyaknya perusahaan yang sekarang berpindah ke media digital otomatis memperluas kesempatan lulusan baru untuk berkarir di bidang digital marketing. 

Tapi untuk kamu yang belum familiar dengan industri ini mungkin akan kebingungan dengan apa saja peluang karir digital marketing ini. Tenang, disini Minbel bakal coba kasih tahu karir digital marketing yang bisa kamu ikuti.

1. Content Strategist

Karir digital marketing pertama yang bisa kamu ikuti adalah konten strategis. Dalam proses pemasaran secara digital ini pastinya selalu butuh seseorang yang ahli dalam membuat konten. Nantinya konten strategis ini bertanggung jawab dalam pembuatan konten sampai dengan strategi iklannya agar bisa mencapai Key Performance Indicator (KPI).

2. Social Media Specialist

Selain itu, social media specialist juga bisa jadi referensi kamu untuk berkarir di bidang digital marketing. Untuk berkarir sebagai social media specialist, nantinya kamu akan bertugas dalam segala aktivitas pemasaran yang dilakukan di media sosial. 

3. UX Designer

UX (User Experience) Designer punya peran penting dalam ekosistem digital marketing di suatu perusahaan, khususnya pada bagian situs website atau aplikasi. UX Designer bertanggung jawab dalam merancang konsep situs website dan aplikasi ramah pengguna yang sebelumnya dilakukan riset dari target pasarnya. 

4.Content Writer/ Copywriter

Jika kamu punya keahlian menulis kreatif, content writer atau copywriter bisa jadi pilihan dalam berkarir di dunia digital marketing. Posisi ini bertugas menulis konten marketing untuk berbagai platform, seperti website, blog, email, sampai media sosial. Content Writer umumnya membuat konten penulisan panjang berbentuk artikel, sedangkan copywriter membuat kampanye iklan dengan kata-kata pendek.

5.Digital Marketing Consultant

Jika posisi sebelumnya punya tugas yang spesifik, maka digital marketing consultant lebih bertanggung jawab di semua lini. Sebagai consultant kamu harus menguasai berbagai keterampilan digital marketing, baik dari segi teknis dan non teknis. Dengan itu, kamu bisa berikan rekomendasi berbagai macam strategi kepada klien untuk meningkatkan konversi penjualan. 

Karir digital marketing ini sangat cocok untuk dieksplorasi di era sekarang. Gimana nggak, menurut riset dari App Annie untuk kuartal tiga (Q3) 2021 kemarin, rata-rata orang Indonesia bermain ponsel adalah 5,5 jam. Sedangkan mengutip dari We Are Social, masyarakat Indonesia menghabiskan 3,2 jam untuk menjelajahi media sosial.

Oleh karena itu sekarang ini banyak perusahaan di bidang online yang mencari digital marketer untuk membantu penjualan produk mereka secara digital. Dengan kesempatan yang luas dan juga prospek menjanjikan di masa depan, maka karir digital marketing ini sangat cocok bagi generasi milenial dan gen z yang baru saja lulus. 

Untuk kamu yang tertarik berkarir di bidang digital marketing, Minbel punya penawaran menarik nih. Sekarang ini Boleh Belajar lagi ngadain program bootcamp untuk kamu yang ingin belajar tentang seluk beluk digital marketing.

Di program bootcamp ini kamu nggak harus punya pengalaman karena nantinya kamu bakal diajarin dari dasar oleh praktisi berpengalaman dari Boleh Dicoba Digital (BDD). Kamu juga berkesempatan untuk mencoba pengalaman sebagai digital marketer lewat project magang yang berdurasi 3 bulan dengan memegang real client yang pastinya bakal berguna banget untuk persiapan berkarir nanti. 

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung kunjungi website Boleh Belajar untuk akses informasi lengkapnya dan percayakan Boleh Belajar untuk persiapan karir digital marketing mu!