Staging CMS Boleh Belajar


Sistem Affiliate Marketing yang Kian Menjamur

Hai, bolehsquad! Apa yang kalian harapkan dari segala digital marketing campaign? Tentu jawabannya adalah hasil, baik itu klik-tayang iklan atau peningkatan penjualan yang dimana setiap pemasar yang sukses memiliki sasaran kinerja. Lalu apa yang menjadi penghambatnya? Bolehsquad tidak selalu mendapatkan hasil yang diinginkan. Terkadang, pemasaran yang dilakukan gagal sehingga bolehsquad harus membayar kompensasi untuk campaign yang tidak berhasil. Alangkah lebih bagus bukan jika bolehsquad hanya membayar untuk campaign yang berhasil dijalankan? Hal itu sangat mungkin terjadi jika bolehsquad mencoba performance marketing. Biarkan minbel mencoba untuk menjelaskan cara kerjanya sehingga bolehsquad dapat memutuskan apakah ini cara yang layak untuk menjalankan digital marketing campaign kalian berikutnya. 

Apa itu Performance Marketing?

Performance marketing merupakan suatu istilah yang mengacu pada strategi di mana pengiklan hanya perlu membayar perusahaan atau platform tertentu untuk menjalankan kampanye pemasaran jika tujuan bisnis tercapai seperti penjualan atau terkumpulnya leads.

Jadi, apa yang membuat performance marketing menjadi istimewa? Hal ini memberi kekuatan kepada pengiklan, karena mereka hanya membayar setelah tujuan yang diinginkan tercapai. Karena itu, mereka dapat yakin bahwa anggaran pemasaran mereka dihabiskan hanya untuk kampanye yang berhasil. Lebih penting lagi, tingkat keberhasilan performance marketing campaign umumnya lebih tinggi karena semua campaign mempunyai target, dan pemasang iklan membuat keputusan yang didukung data dan mengoptimalkan campaign mereka berdasarkan hasil. Ini berfungsi sebagai win-win untuk kedua pedagang dan afiliasi.

Berikut adalah empat aspek yang dibutuhkan di dalam performance marketing, yaitu:

  1. Retailer atau Advertiser 

Retailer atau advertiser adalah pebisnis yang ingin mempromosikan produk atau jasanya lewat publisher atau affiliate partner.

  1. Affiliate

Affiliate atau publisher adalah pihak yang akan mempromosikan produk dan jasa dari para advertiser. Affiliate ini bisa berupa blog, situs untuk review produk atau media sosial yang dijalankan oleh influencer.

  1. Affiliate Network

Selanjutnya dalam performance marketing adalah affiliate network atau third party tracking platform. Platform ini memiliki peran yang sangat penting dalam hubungannya antara retailer dengan affiliate.

  1. Affiliate Manager

Yang terakhir adalah affiliate manager atau yang biasa disebut dengan OPM (Outsourced program management companies). Mereka bisa bekerja di dalam perusahaan atau sebuah agency. Intinya affiliate manager wajib mempersiapkan segala kebutuhan dari kedua belah pihak dan memastikan mereka mendapatkannya.

Affiliate marketing atau strategi afiliasi pada dasarnya adalah salah satu program yang paling efektif untuk bisa memperoleh penghasilan yang besar melalui bantuan teknologi internet dengan jangka waktu singkat, namun dengan hasil yang besar. Strategi affiliate marketing ini mampu membantu bisnis agar bisa berkembang, apapun skala bisnis dan industrinya. Pasalnya, strategi ini diklaim mampu mendorong performa bisnis agar bisa memasarkan produknya dengan cara memanfaatkan audiens atau pelanggan.

Berikut ini empat tahap atau cara kerja dalam affiliate marketing:

  1. Daftar ke program affiliate marketing

Tahap pertama, bolehsquad harus lebih dulu mendaftarkan diri agar bisa menjadi seorang affiliate sebuah perusahaan. Setiap perusahaan akan memiliki syarat dan ketentuan masing-masing untuk menjadi affiliate.

  1. Bagikan kode referal

Setelah bolehsquad resmi terdaftar menjadi bagian dari affiliate marketing sebuah perusahaan, biasanya akan mendapatkan kode referal unik milikmu sendiri. Nanti, bolehsquad bisa mulai membagikan dan mempromosikan produk atau jasa yang dijual oleh merchant melalui kode referral tersebut.

  1. Pelanggan menggunakan kode affiliate milikmu

Apabila setelah dibagikan, ada pelanggan yang mendaftar atau membeli produk merchant dengan menggunakan kode referal milikmu, berarti promosi tersebut bisa dibilang sukses.

  1. Mendapatkan komisi

Apabila transaksi pelanggan telah sukses dengan menggunakan kode referal tersebut, nantinya bolehsquad akan mendapatkan komisi yang bisa dicairkan. Biasanya, bolehsquad akan mendapatkan komisi setelah berhasil mendapatkan pelanggan baru melalui kode referal atau link khusus.