Staging CMS Boleh Belajar


Skill Digital Marketing yang Banyak Orang Belum Ketahui

Halo, BolehSquad

Pernah tidak sih bertanya-tanya, ketika memulai sebuah karier terutama di digital marketing, perlu tidak sih punya skill tersembunyi? Eits, kok skill tersembunyi sih.

Nah bagi kamu yang sudah belajar digital marketing, akan tetapi masih belum terbiasa dengan  berbagai soft skills yang dapat berguna jika ingin mencoba menjadi digital marketer. Mari kita simak, ulasan mengenai skill tersembunyi yang diperlukan untuk menjadi seorang digital marketer. 

  1. Berkomunikasi 

Dasar dari ilmu pemasaran adalah berkomunikasi. Bagaimana kita  dapat mengkomunikasikan produk ke target audiens yang dituju.  Akan tetapi, berkomunikasi lebih dari sekedar mengkomunikasikan produk ke target audiens loh!

Skill berkomunikasi akan berguna ketika kita mampu mengamati pengalaman yang dialami konsumen dan menjadikan pengalaman tersebut sebagai sumber inspirasi dalam mengerjakan produk terbaru kita loh. Pengalaman konsumen mampu menjadikan acuan pertanyaan tentang seberapa berhasilkah produk terbaru mengatasi masalah yang dialami oleh konsumen.  

  1. Analisis Data 

Dengan ribuan data yang digunakan oleh digital marketer, diperlukan skill menganalisis data. Data yang diolah bisa berupa demografi konsumen, trend yang disukai oleh konsumen, hingga komplain yang disampaikan oleh konsumen. 

Analisis data yang dilakukan bisa dilakukan dengan program sederhana seperti Microsoft Excel, hingga program yang sedikit rumit seperti SPSS. Analisis data yang dilakukan digital marketer nantinya bisa membantu memetakan bagaimana membuat konten yang sesuai dengan customer avatar dan marketing funnel mana yang akan disukai oleh konsumen. 

  1. Manajemen Proyek

Melakukan perencanaan, mengatur, dan mengawasi proses eksekusi dari sebuah campaign yang berjalan merupakan salah satu bentuk implementasi dari Manajemen Proyek loh. Sebagai hal yang mendasar, mengatur sumber daya yang dimiliki oleh seorang digital marketer dan mengatur sumber daya tersebut dalam jadwal campaign akan sangat efektif dan efisien bila menguasai manajemen proyek loh. 

Hal lain yang akan berguna dalam memiliki skill manajemen proyek adalah bisa menghadapi situasi genting yang dimana membutuhkan keahlian tertentu dalam keadaan serba kepepet.  

  1. Manajemen Waktu 

Mengatur waktu adalah hal yang paling krusial dalam menjalani berbagai pekerjaan. Bagaimana pekerjaan yang ada bisa selesai tepat waktu dan hasil kerja tersebut dapat digarap sebaik mungkin. 

Apalagi bagi BolehSquad yang punya kesibukan, mengatur waktu dan mengerjakan pekerjaan dengan tepat waktu merupakan skill utama agar mampu bertahan menghadapi ketatnya persaingan kerja. 

  1. Manajemen Tim 

Pernahkan BolehSquad harus bekerja bersama tim? Manajemen Tim tidak hanya mengenai kepemimpinan, tetapi juga keinginan untuk menangani konflik dengan anggota tim dan juga membantu anggota tim dalam menyelesaikan tenggat waktu bersama. Menjadi anggota tim dan pemimpin tim yang lain bisa dipelajari dari sekarang agar saat menjadi digital marketer, BolehSquad sudah terbiasa dengan kerja tim yang solid.