Staging CMS Boleh Belajar


Digital Marketing Jadi Pekerjaan Paling Dicari, Apa Skill yang Dibutuhkan?

Setelah ngelewatin badai pandemi dua tahun terakhir, sekarang ini para pelaku usaha mulai berbondong-bondong untuk menciptakan inovasi berbasis teknologi yang bisa ngebuat hubungan dengan konsumen terjaga. Inovasi berbasis teknologi itu secara otomatis ngebuat banyak lapangan pekerjaan baru yang bisa dieksplor untuk berkarir, seperti contohnya digital marketing. 

Digital marketing adalah pemasaran produk secara digital yang memanfaatkan akses internet dan sosial media kepada target audiens. Profesi digital marketing ini lagi banyak dibutuhkan oleh banyak pelaku usaha dalam beberapa tahun belakangan. 

Hal itu dibuktiin oleh LinkedIn selaku platform jaringan profesional yang merilis data pekerjaan paling dicari pada tahun 2021 kemarin. Hasilnya pekerjaan digital marketing masuk dalam urutan teratas di data tersebut. 

Data itu ngebuktiin kalau keterampilan atau skills digital marketing ini harus dipelajari dan dikuasai oleh banyak orang, khususnya di era sekarang. Pekerjaan digital marketing juga diprediksi akan terus eksis dalam beberapa tahun ke depan karena melihat teknologi digital yang semakin berkembang. 

Tapi apa aja sih sebenarnya skills yang harus dikuasai untuk bisa bergelut di dunia digital marketing? Nah disini Minbel bakal jelasin deretan skills yang bisa kamu pelajari agar bisa menjadi seorang digital marketer. 

1. Data Analyst

Data analis menjadi salah satu skills penting dalam dunia digital marketing karena akan berpengaruh pada keputusan yang efektif bagi promosi suatu bisnis. Tapi dengan adanya online tools untuk mengukur data di berbagai platform ngebuat proses analisis data ini relatif lebih mudah.

2. Content Creator

Kalau berbicara tentang digital marketing maka otomatis berkaitan dengan content creator atau pembuatan konten. Inti dari digital marketing sendiri memang menghasilkan konten yang bisa menarik target audiens pada brand tertentu. Jadi, skills ini mengharuskan kamu untuk nggak hanya membuat konten berkualitas, tapi juga bisa melibatkan audiens secara efektif.

3. Search Engine Optimization (SEO)

Dengan algoritma Google yang terus dimodernisasi ngebuat skills SEO dan perlu dikuasai untuk ngedukung kebutuhan digital marketing suatu bisnis. SEO sendiri adalah teknik yang dilakukan untuk mengoptimalkan sebuah website agar berada di peringkat teratas mesin pencarian. Skills SEO ini penting untuk dikuasai karena akan memudahkan audiens untuk menemukan website perusahaan dan secara otomatis meningkatkan traffic. 

4. Search Engine Marketing (SEM)

SEM merupakan teknik mengoptimalisasikan sebuah website agar berada di peringkat teratas mesin pencarian dengan memanfaatkan iklan. Berbeda dengan SEO yang organik, teknik SEM ini perlu biaya untuk mengiklankan website dengan berbagai trik, seperti Pay Per Click (PPC) dan Google Ads.  Skills SEM ini nggak hanya bisa ngebantu konten untuk sampai ke target audiens, tapi juga bisa mempersempit target audiens sampai spesifik. 

5. Social Media Specialist

Sosial media yang dipenuhi oleh jutaan pengguna bisa dijadikan wadah bagi para digital marketer untuk mengiklankan produknya kepada audiens yang relevan. Banyak skills sosial media yang harus dipelajari, seperti kualitas konten, relevansi konten dan keterlibatan audiens. Saat ini ada beberapa tools baru yang bisa memudahkan digital marketer untuk memasarkan produknya, salah satunya iklan berbayar.

6. Communication

Kalau skills-skills sebelumnya bersifat teknis, skills satu ini bersifat non-teknis tapi juga memegang peranan penting di dunia digital marketing. Yap, skills itu adalah komunikasi yang wajib dimiliki oleh setiap digital marketer karena berguna untuk menyampaikan pesan kepada audiens. Khususnya untuk yang berhubungan langsung dengan klien, skills satu ini bisa bermanfaat untuk ngebangun kepercayaan dan ngebangun hubungan agar terjalin dengan baik.

Pastinya semua skills diatas tidak perlu dikuasai sekaligus ya. Ranah digital marketing itu sangat luas dan kamu bisa kuasai skills-skills tertentu saja dengan menyesuaikan minatmu. 

Kalau kamu tertarik dengan industri digital marketing tapi masih bingung gimana untuk belajar skills yang dibutuhkan, Minbel punya solusinya. Sekarang ini Boleh Belajar lagi ada program bootcamp yang cocok untuk kamu jika ingin berkecimpung di dunia digital marketing.

Kamu nggak perlu khawatir kalau belum kenal dengan digital marketing karena di program bootcamp ini kamu bakal dibimbing dari nol. Banyak skills penting yang akan kamu pelajari untuk bisa menjadi seorang digital marketer. 

Di program bootcamp ini juga kamu berkesempatan untuk coba pengalaman sebagai digital marketer lewat project magang. Pastinya pengalaman itu bakal berguna banget untuk karir kamu di industri digital marketing kedepannya. 

Jadi, sudah siap masuk dunia digital marketing? Daftarkan diri kamu lebih dulu di Boleh Belajar dan pelajari skills nya bersama praktisi berpengalaman dari Boleh Dicoba Digital (BDD)!